Home POLITIK AMAN Tanoh Pakpak, Turut Menghantarkan Paslon SONNI-RAMLAN Ke KPUD Pakpak Bharat

AMAN Tanoh Pakpak, Turut Menghantarkan Paslon SONNI-RAMLAN Ke KPUD Pakpak Bharat

0

PIRNAS.ORG | PAKPAK BHARAT – Sonni P Berutu, STh yang berpasangan dengan RAMLAN BOANGMANALU resmi mendaftar ke KPU Pakpak Bharat yang diantar langsung oleh tim pemenangan dari Partai DEMOKRAT, ORMAS, OKP, dan Ribuan pendukung dari Lebbuh, Senin (5/9/2020).

Dalam hal ini salah satu ormas yang turut serta menghantar pasangan kandidat yang dinamakan SORA LEBBUH adalah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tanoh Pakpak.

Saat ditemui awak media, Ketua AMAN Tanoh Pakpak Sana’un Angkat mengatakan kalau dukungan AMAN Tanoh Pakpak kepada pasangan calon SONNI BERUTU dan RAMLAN BOANGMANALU dengan berbagai pertimbangan dan berdasar pada rekomendasi hasil kongres 2017 dan MAKLUMAT di Tanjung Gusta Medan untuk perluasan partisifasi politik masyarakat adat untuk mencapai cita cita masyarakat adat yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya.

BACA JUGA :   SEJUMLAH REKOMENDASI ATAS LKPJ PJ BUPATI DISAMPAIKAN OLEH DPRD PAKPAK BHARAT

“Dalam hal ini juga kami sendiri dari Pengurus AMAN Tanoh Pakpak melihat dari kedua pasangan kandidat pasangan Sonni Berutu dan Ramlan Buangmanalu memang benar benar membawakan panggilan leluhur Pakpak untuk mempertahankan adat budaya pakpak”, ujar Sana’un.

Selain itu pasangan SONNI BERUTU dan RAMLAN BOANG MANALU juga berkomitmen untuk memberikan pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat adat Pakpak, di masa pemerintahan mereka nantinya akan lahir PERDA Pengakuan dan Perlindungan Hak-hak Masyarakat Adat Pakpak, mengimplementasikan Kep MK 35 Tahun 2012 Hutan adat bukan hutan negara, memfasilatasi pemetaan wilayah adat (tanah ulayat) dan nengintregasikan kedalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Pakpak Bharat serta akan memfasilitasi lahirnya pendidikan sekolah adat.

BACA JUGA :   KPU Pakpak Bharat Umumkan Jadwal Pendaftaran Cabup dan Cawabup

“Kami mengharapkan dalam menjadi edukasi pendidikan politik bagi warga masyarakat adat dengan mengedapankan kearifan lokal dalam hal peraihan suara bukan dengan materi atau dengan paket sembako. Dalam hal ini kami PD AMAN Tanoh Pakpak akan mendirikan Tim Relawan AMANkan SORA LEBBUH dan kami tetap bersinergi dengan tim pemenangan SORA LEBBUH akan berupaya sekuat tenaga untuk kemenangan SONNI – RAMLAN”, tutup Sana’un.

(Patar Sinamo/TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here