Home Daerah Bupati Asahan Berikan Akta Nikah Capil Kepada Masyarakat Jemaat Gereja Padang Mahondang

Bupati Asahan Berikan Akta Nikah Capil Kepada Masyarakat Jemaat Gereja Padang Mahondang

0

PIRNAS.COM | ASAHAN –┬áBupati Asahan Serahkan Akta Nikah Catatan Sipil Kepada Masyarakat Jemaat Gereja Desa Padang Mahondang, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Selasa (15/09/2020), bertempat di halaman SDN Padang Mahondang.

Dalam kegiatan Kunjungan Kerja Bupati Asahan dan silaturahmi dengan masyarakat Jemaat Gereja Desa Padang Mahondang, turut dihadiri Kepala Dinas Catatan Sipil Kabupaten Asahan, Camat Kecamatan Pulau Rakyat dan Forkompincam, para kepala desa, dan masyarakat.

Sambutan Ketua Pdt Hendra Gultom, Sth selaku mewakili tokoh agama Nasrani dan masyarakat Desa Padang Mahondang menyampaikan ucapkan terimakasih kepada Bupati Asahan H. Surya Bsc yang bersedia hadir ke Desa Padang Mahondang, dan berharap agar Bupati sering berkunjung di desa ini demi terciptanya pembangunan masyarakat yang sejahtera.

Kemudian Pdt Henda Gultom menyampaikan kepada bupati, bahwa di Desa Padang Mahondang terdapat 27 gereja dengan ribuat anggota jamaat. Secara khusus juga berharap kepada bupati untuk terus memberikan perhatian dan kesejakteraan, sarana jalan dan juga sarana irigrasi yang merupakan satu-satunya mata pencarian masyarakat di Desa Padang Mahondang.

BACA JUGA :   DPD JBMI DAN SMK N PP 1 KUALUH SELATAN MELAKSANAKAN ACARA JUMA'AT BERSHALAWAT

” Kami sangat bersukur dan berterimakasih kepada Bupati Asahan H. Surya yang telah melakukan gerakan bersama melalui pembuatan akte nikah catatan sipil yang selama ini kami rindukan. Kami juga mengharapkan kepada bapak bupati ketika terselenggara pernikahan umat Kristen di gereja dapat difasilitasi ada pegawai dari catatatan sipil ” harapnya.

Selain itu Pendeta Hendra Gultom juga berharap kepada Bupati Surya agar dapat memperhatikan kesejahteraan pengurus gereja, petugas kebersihan rumah ibadah gereja, penggali makam bagi umat Kristen dan bagunan fisik gereja.

Dalam kunjungan kerja tersuebut Bpati Asahan berkesempatan menyerahkan akta nikah catatan sipil secara simbolis kepada masyarakat khususnya Jemaat Gereja Padang Mahondang, dan dalam acara itu Bupati juga mendapat pengulosan dari pengurus gereja serta hiburan tor tor yang disajikan Ibu-ibu warga Desa Padang Mahondang.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, Bsc dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan, kunjungan bupati ini untuk melihat sejauh mana pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Asahan, khususnya di Desa Padang Mahondang, Kecamatan-kecamatan Pulau Rakyat.

BACA JUGA :   Sambut 17 Agustus, Warga Gotong Royong Membuat Pagar Di Sepanjang Jalan Desa Tambun

” Apa yang dilaksanakan hari ini tetap akan menjadi pokok-pokok pikiran bagi saya selaku Bupati Asahan dalam mengevaluasi apa yang sudah kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan kedepan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Padang Mahondang ” kata Surya.

Menanggapi harapan dari masyarakat, setiap ada prosesi perkawinan di gereja dimohonkan bisa keluar akte perkawinannya, Bupati siap mewujudkan, yang penting saling memberikan informai agar petugas catatan sipil bisa datang dan langsung mengeluarkan akte perkawinan, tentunya berdasarkan ketentuan yang berlaku.

” Mulai hari ini saya minta kepada Kepala Desa dan Camat agar membuat mekaisme, setiap akan melaksanakan acara perkawinan sebelum hari H sudah diberi tahukan kepada Kades dan Camat, selanjutnya untuk diberitahukan ke Capil supaya biokrasinya tidak terlalu lama dan tidak berbelit-belit. Program ini akan terus kami laksanakan ” ungkap Surya.

Selanjutnya Bupati Surya mengatakan, mengenai kesejahteraan masyarakat umat Kristiani selama ini sudah dilaksanakan pemerintah desa tapi belum semaksimal sebagaimana yang diharapkan. Pemerintah Kabupaten Asahan punya visi mewujudkan masyarakat Asahan yang relegius, sehat, cerdas dan mandiri.

BACA JUGA :   Supir Ambulance RSUD Salak Terpapar Reaktif

” Maka relegius ini masyarakat Kabupaten Asahan harus memahami ajaran agamanya yang baik dan benar sesuai denga keyakinan kita masing-masing ” ungkap Surya.

Dalam kesempatan itu Bupati Asahan menyampaikan, 9 Desember 2020 akan dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan. Untuk itu warga umat kristiani Desa Padang Mahondang jangan lupa datang ke TPS untuk mencoblos dan memilih pemimpin Kabupeten Asahan 5 tahun ke depan.

” Kepada masyarakat Kabupaten Asahan untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 9 Desember 2020, karena satu suara dapat menentukan arah pembangunan Kabupaten Asahan untuk 5 tahun kedepannya ” cetusnya.

Beliau juga tidak lupa menghimbau masyarakat Kabupaten Asahan untuk mematuhi himbauan pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Asahan.

Namun berdasarkan pantauan awak media di lokasi kunjungan Bupati tersebut, sebahagian dari ratusan masyarakat yang hadir tidak menggunakan masker, dan tidak jaga jarak.

(Wahyu S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here