Home Daerah Daya Angkut Mobil Bermuatan Barang Bekas Sudah Melebihi Batas Atau Over Kapasitas

Daya Angkut Mobil Bermuatan Barang Bekas Sudah Melebihi Batas Atau Over Kapasitas

0

PIRNAS.ORG | KAMPAR – Mobil bermuatan barang bekas, sudah melebihi daya angkut atau over kapasitas, melintas di jalan raya Bangkinang – Pekanbaru. Mobil L-300 yang mengangkut barang bekas melaju dengan tidak mempedulikan peraturan lalu lintas. Sang sopir pun dengan santai mengendarai mobilnya seolah-olah tidak merasa bersalah dan tidak mempedulikan keselamatan dirinya sendiri apa lagi keselamatan orang banyak.

Kejadian berawal ketika motor yang kami kendarai hendak menuju kearah yang sama yaitu air tiris, namun kami berpapasan dengan pemandangan yang tidak sedap, mobil L-300 mengangkut barang bekas dengan berbagai jenis. Tampak sang sopir dengan senyum khasnya, sambil menghisap rokoknya, tanpa ada keraguan sedikitpun ataukah sudah biasa dengan situasi seperti ini. Harusnya pihak terkait memberikan teguran kepada mobil angkutan yang tidak memenuhi persyaratan di jalan raya.

BACA JUGA :   Warga Desa Betung Berharap BKSDA Pelalawan Beri Solusi Tentang Gajah Liar Yang Merusak Kebun Sawit Warga

Dalam hal ini, pihak dinas perhubungan kabupaten Kampar dan Polsek Kampar karena melewati wilayah hukum mereka. Adanya pelanggaran di jalan raya seperti yang terlihat pada gambar, sang sopir tidak memperhatikan keselamatan orang banyak, seolah-olah peraturan di jalan raya dia sendiri yang buat.

Tidak terpikirkah oleh sang sopir, kalaulah barang angkutannya berceceran atau berserakan atau juga tali pengikatnya terlepas, tentu saja akan menimbulkan korban jiwa dan kerugian pada dirinya sendiri. Media online ini mencoba untuk memberhentikan mobil L-300 tersebut, namun sang sopir enggan berhenti mungkin karena ingin cepat sampai ditujuan.

Lihat, betapa nekatnya sang sopir, dengan muatan yang melebihi kapasitas mobil tersebut, bahkan sampai membumbung tinggi. Kami coba untuk mengikuti mobil tersebut dari belakang, dengan tujuan sampai di Polsek Kampar. Tapi apa yang terjadi, tidak ada teguran, tidak ada penilangan dan mobil tersebut aman melaju melewati Polsek Kampar sebagai wilayah hukumnya.

BACA JUGA :   Pengerjaan Proyek Pelebaran Jalan KM 2 Kuok - Kp. Godang Terkesan Asal-asalan

Siapapun boleh melewati jalan raya, karena memang diperuntukkan untuk siapa saja, bahkan jalan raya tersebut merupakan hasil pajak yang dikutip oleh pemerintah setempat, baik pemerintah kabupaten, propinsi sampai ke pusat. Tapi kalau sudah melanggar peraturan jalan raya harus ditegur, apa lagi membahayakan keselamatan orang banyak. Dan hukum di jalan raya harus ditegakkan dengan tegas tanpa memandang status seseorang supaya peraturan yang dibuat betul-betul bisa membuat efek yang baik bagi yang melanggarnya.

Menurut Humas Polsek Kampar membenarkan hal tersebut, “betul, mobil yang bermuatan over kapasitas akan kami tertibkan, supaya tercipta suasana yang nyaman di jalan raya, apa lagi mobil yang mengangkut barang bekas, memang akan kami tegur bahkan akan dilakukan tindakan hukum” ditambahnya lagi “kepada media kami berharap bisa bekerja sama dalam hal informasi,” tutupnya dengan tegas.

BACA JUGA :   Jadi Dewan Penasehat, Moh Taufiq MD, S.H, MH Mengaku Senang Jadi Bagian Penting IWO Pamekasan

(Y/K)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here