Home Daerah Jalan Desa Simartugan Menuju Simanduma Kini Sudah Bisa Dilalui

Jalan Desa Simartugan Menuju Simanduma Kini Sudah Bisa Dilalui

0

PIRNAS.ORG | DAIRI – Curah hujan yang terjadi akhir akhir ini mengakibatkan badan jalan amblas (longsor) di beberapa tititk jalan yang ada di Kabupaten Dairi. Salah satu titik jalan yang amblas akibat curah hujan tersebut terjadi di Desa Simartugan, Kecamatan Pegagan Hilir sehingga membuat aktifitas warga di Desa tersebut menjadi terhambat. Mengetahui hal tersebut, atas instruksi Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi langsung terjun ke lokasi badan jalan yang amblas tersebut.

Lokasi pertama badan jalan yang amblas berada di Simpang Hutagorat Desa Simartugan menuju Desa Simanduma. Dengan menggunakan peralatan alat berat (becholodear) 1 unit dan menurunkan personil 5 orang dari BPBD Kabupaten Dairi dan dibantu masyarakat Desa Simanduma, perbaikan jalan yang amblas tersebut pun dilakukan. Pekerjaan awal dimulai dengan menimbun badan jalan yang amblas dengan tanah dimana ukuran panjang jalan yang amblas yakni 10 m, lebar 4 m dan kedalaman 4,5 m. Untuk menahan timbunan tersebut, personil BPBD Kabupaten Dairi dibantu masyarakat memasang cerucuk dari bambu sebanyak kurang lebih 30 batang.

BACA JUGA :   Bupati Asahan H. Surya, BSc Tinjau Pengembangbiakan Bibit Pisang

Setelah pengerjaan perbaikan jalan tersebut selesai, jalan sudah bisa dilaIui oleh masyarakat untuk beraktifitas dengan aman baik itu menggunakan roda empat. Dalam kesempatan tersebut, masyarakat yang berada di Desa Simanduma sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi khususnya kepada Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu karena telah dengan cepat merespon untuk perbaikan jalan amblas tersebut sehingga hasil bumi masyarakat dari Desa tersebut sudah dapat diangkut dengan cepat mengingat semenjak putusnya jalan ini, pengangkutan dengan roda empat harus melalui jalan lain sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selanjutnya penanganan titik longsor ke dua dilakukan oleh BPBD Kabupaten Dairi berada di Dusun Tangga Rube Desa Simartugan. Di lokasi ini, personil BPBD Kabupaten Dairi melakukan penanganan dengan upaya mengalihkan jalan dengan mengorek tanah yang berada di dekat badan jalan yang amblas. Di lokasi jalan yang amblas ini, masyarakat memberikan tanahnya sementara untuk pengalihan jalan menunggu penanganan secara permanen. Penanganan kedua titik longsor di lapangan dibantu oleh masyarakat Desa Simanduma Kecamatan Pegagan Hilir dimana kejadian badan jalan amblas tersebut sudah terjadi pada 03 Desember 2019.

BACA JUGA :   Curigai Terpapar Covid 19 Dinas Kesehatan Langsung Ambil Sikap

BPBD Kabupaten Dairi melaksanakan perbaikan jalan yang amblas di dua lokasi tersebut selama dua hari, yakni mulai dari tanggal 14 – 15 September 2020. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dairi agar di musim penghujan yang terjadi beberapa hari ini di Kabupaten Dairi untuk selalu waspada dan berhati hati dalam melakukan aktifitas. “Segera laporkan kepada Pemerintah Kabupaten Dairi jika ada kejadian seperti ini, kami dari Pemerintah Kabupaten Dairi akan siap dengan cepat dan tanggap untuk mengatasi kejadian tersebut sehingga masyarakat Kabupaten Dairi dapat tetap melakukan aktifitasnya dengan baik,” ucap Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

BACA JUGA :   Polsek Pangkalan Kuras Laksanakan KRYD, Sosialisasikan Hombauan AKB dan Patroli R4

PATAR SINAMO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here