Home Daerah Karang Taruna Dairi Dilantik Oleh Bupati Eddy Berutu

Karang Taruna Dairi Dilantik Oleh Bupati Eddy Berutu

0

PIRNAS.ORG | DAIRI – Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu lantik dan kukuhkan pengurus Karang Taruna Kabupaten Dairi masa bhakti 2020-2025, Selasa (11/8/2020) di Balai Budaya Sidikalang, Kabupaten Dairi. Pelantikan tersebut turut dihadiri Dandim 0206/Dairi, Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono SH, Ketua Karang Taruna Sumatera Utara, Dedi Dermawan Milaya, mewakili Polres Dairi, mewakili Ketua Pengadilan Sidikalang, mewakili Kajari Sidikalang, mewakili Camat Kabupaten Dairi, mewakili DPRD Kabupaten Dairi, mewakili tokoh adat, tokoh Agama dan tokoh Pemuda Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, bahwa penyelenggaraan kesejahteraan sosial menjadi tanggung jawab Pemerintah dan salah satu sasaran pokok pembangunan kesejahteraan sosial adalah penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang dapat dikelompokan dalam enam (6) permasalahan yaitu : Kemiskinan, Ketelantaran, Kecacatan, Ketunaan Sosial, Korban Bencana dan Ketertinggalan/ Keterasingan.

“Sebagai penunjang keberhasilan penanganan PMKS adalah dengan menggali dan memberdayakan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang terdapat dalam masyarakat. Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, dan Karang Taruna adalah salah satu komponen PSKS tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA :   Agar Sumut bermartabat, PEMA Sumut Copot Lasro Marbun

Ditambahkannya, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk Masyarakat, khususnya generasi muda di Wilayah Desa/Kelurahan.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menjelaskan bahwa Karang Taruna didirikan dengan tujuan terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di Desa dan Kelurahan yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia, pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya.

“Karang Taruna sebagai tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat. Namun untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya, diperlukan upaya koordinasi, kolaborasi, komunikasi dan kerjasama antar Karang Taruna. dengan kata lain, koordinasi konstruktif dengan pemerintah Kabupaten selaku pembina fungsional, sehingga apa yang kita kerjakan kedepan dapat seiring dan sejalan, sebab itulah makna hakiki dari keberadaan Karang Taruna,” Tututrnya.

BACA JUGA :   Bantuan Di Salurkan Oleh Bupati Dairi Di Silima Pungga Pungga

Masih dalam penuturannya, Kepengurusan Karang Taruna Masa Bhakti 2020-2025 diharapkan dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada, sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategi penanganan permasalahan sosial kedepan sehingga secara bertahap tapi pasti grafik permasalahan kesejahteraan sosial khususnya di Kabupaten Dairi dapat ditekan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu, saya ucapkan selamat kepada pengurus Karang Taruna Kabupaten Dairi yang telah dilantik untuk Masa Bakti 2020–2025. Dengan mengucapkan sumpah dan janji, jadikanlah sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik sesuai tupoksi sebagai Organisasi Kepemudaan, sehingga dapat menjadi mitra Pemerintah dalam pembangunan dan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Mudah-mudahan momentum pelantikan pengurus Karang Taruna ini juga menjadi tonggak meningkatnya kemitraan Pemerintah dengan segenap potensi dan sumber kesejahteraan sosial umumnya, khususnya Karang Taruna Kabupaten Dairi dalam mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat yang unggul sesuai dengan visi Kabupaten Dairi yaitu “Mewujudkan Dairi Unggul Yang Mensejahterakan Rakyat Dalam Harmoni Keberagaman”,” tutupnya.

BACA JUGA :   Perindagkop Dairi Bersama BRI Gencarkan Sosialisasi Penggunaan QRIS Bagi Pelaku UMKM

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumut, Dedi Dermawan Milaya saat mengapresi Bupati Dairi karena sangat menerima Karang Taruna di Kabupaten Dairi. Selain itu, Dedi juga meminta kepada pengurus baru dilantik, supaya segera melakukan konsolidasi ke tingkat Kecamatan dan Desa, serta menyusun program kerja dan berdiskusi dengan pimpinan OPD Kabupaten Dairi.

“Karang Taruna dapat membantu Pemkab Dairi dalam menyukseskan visi-misi. Pemuda harus punya mimpi, berinovasi, kreatif dan berpikir melanjutkan pembangunan Dairi ke depan. Dengan potensi yang dimiliki Dairi, pemuda dari Karang Taruna harus ada yang menjadi entrepreneur baru, dan membuka peluang lapangan kerja,” ujarnya memotivasi.

Ketua Karang Taruna Dairi periode 2020-2025, Jetun Tampubolon mengatakan, siap menjadikan Karang Taruna menjadi wadah dan melahirkan generasi emas dari berbagai bidang seperti UMKM, olahraga, seni dan lainnya, untuk mewujudkan Dairi Unggul.

“Kita siap mendukung dan bermitra dengan pemerintah dalam menjalankan program, untuk mewujudkan Dairi Unggul,” Janji Jetun.

(PATAR SINAMO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here